Lamongan, 1 Februari 2025 – Siswa kelas 12 H Jurusan MAK Pondok Pesantren Tarbiyatut Tholabah Kranji Paciran, Lamongan, mengadakan pembelajaran ilmu hadis dengan metode kreatif, yakni membuat poster biografi ulama hadis beserta karya-karyanya. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa serta memperkuat pemahaman mereka terhadap ilmu hadis melalui visualisasi informasi.

Sebelum kegiatan berlangsung, para siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk membuat peta konsep terkait ulama hadis yang mereka pelajari. Selanjutnya, mereka menuangkan hasil analisisnya dalam bentuk poster yang menarik dan informatif. Metode ini tidak hanya membantu dalam memahami jaringan keilmuan hadis, tetapi juga mendorong partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran.

Pembelajaran yang berlangsung pada jam pelajaran hari Sabtu ini mendapat respons positif dari siswa. Mereka menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam menyusun poster dengan desain yang kreatif dan isi yang mendalam. Guru mata pelajaran yang mengampu kegiatan ini menyampaikan bahwa metode ini sangat efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap ilmu hadis.

“Dengan metode ini, siswa tidak hanya menghafal nama-nama ulama hadis dan karya-karyanya, tetapi juga memahami hubungan antara ulama dan perkembangan keilmuan hadis dari masa ke masa,” ujar salah satu guru.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi inovasi dalam pembelajaran ilmu hadis, sehingga siswa lebih mudah memahami materi dan lebih aktif dalam belajar. Selain itu, kreativitas mereka dalam menyajikan informasi melalui media visual dapat menjadi bekal berharga dalam dunia akademik dan dakwah ke depan. (adm_hms)

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *